Peringatan Hardiknas Tahun 2018, Kadisdikbud Inhu: Kuatkan Pendidikan, Majukan Kebudayaan

Peringatan Hardiknas Tahun 2018, Kadisdikbud Inhu: Kuatkan Pendidikan, Majukan Kebudayaan
Foto bersama usai upacara peringatan Hardiknas
INHU - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) menggelar upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2018, bertempat di Lapangan Upacara Kantor Bupati Inhu, Rabu 2 Mei 2018.
 
Bertindak selaku Inspektur upacara Kabag Sumda Polres Inhu Kompol Amril S.Sos, SH, MH, Komandan Upacara Sudarmono M.Pd dan  diikuti oleh seluruh seluruh guru serta Pegawai Negeri Sipil dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkungan Pemkab Inhu. 
 
 
Kemudian untuk petugas pengibar bendera dipercayakan kepada tim paskibra dari SMPN 1 Lirik, Tim Aubade dari SMPN 1 Rengat, Pemimpin do'a Korwil Pasir Penyu H. Umar Dulis M.Pd, dan Pembaca Pembukaan UUD 1945 Kasi Peserta Didik dan Pengembangan Karakter Pendas Fitrianis S.Pd.
 
 
 
Dalam peringatan Hardiknas tersebut, Kabag Sumda Polres Inhu membacakan sambutan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia dengan tema “Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan."
 
Usai upacara, Plt Sekda Inhu Ir H. Hendrizal M.Si didampingi Kadisdikbud Inhu H. Ujang Sudrajat SP, M.Si menyerahkan cenderamata kepada purna bhakti Disdikbud periode 2 Mei 2017 - 2 Mei 2018.
 
 
Selain itu, juga dilakukan penyerahan piagam penghargaan kepada pemenang lomba apresiasi guru dan tenaga kependidikan berprestasi tingkat Provinsi Riau tahun 2018, penyerahan piagam penghargaan kepada guru dan tenaga kependidikan berprestasi tingkat Kabupaten Inhu tahun 2018, dan penyerahan piagam penghargaan kepada ASN berdedikasi dilingkungan Disdikbud Inhu tahun 2018.
 
 
Pada kesempatan itu, Kadisdikbud Inhu, H. Ujang Sudrajat SP, M.Si saat ditemui usai upacara, mengatakan bahwa upaya menguatkan dan memajukan dunia pendidikan dan kebudayaan di Kabupaten Inhu terus dilakukan, hal ini tentunya selaras dengan tema Hardiknas pada tahun ini yaitu “Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan". 
 
"Sesuai dengan tema tersebut, marilah kita jadikan peringatan kali ini sebagai momentum untuk merenungkan hubungan erat antara pendidikan dan kebudayaan sebagaimana tecermin dalam ajaran, pemikiran, dan praktik pendidikan yang dilakukan oleh Ki Hadjar Dewantara," ujarnya.
 
Mantan Kepala SMKN 1 Lubuk Batu Jaya ini menjelaskan, menguatkan dunia pendidikan tidak cukup hanya menyediakan sarana dan prasarana saja, namun lebih dari itu, guru-guru, para tenaga kependidikan yang mendukung proses terlaksananya pendidikan juga harus berkompeten.
 
"Alhamdulillah, sejak tahun 2010 hingga saat ini, sudah ada sekitar 2000 lebih guru mengikuti pendidikan peningkatan kompetensi, dan hampir 2000 guru ikut Diklat implementasi K13," ungkapnya.
 
Kemudian, untuk memajukan kebudayaan di Inhu, berbagai upaya juga telah dilakukan, salah satunya memberangkatkan sanggar seni Disdikbud Inhu untuk tampil di Anjungan Riau TMII Jakarta setiap tahunnya. Selain itu juga Disdikbud Inhu menjalin MoU dengan Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta dalam rangka peningkatan sumber daya tenaga seni budaya.
 
Semoga melalui moment peringatan Hardiknas tahun 2018 ini dapat menjadi motivasi bagi seluruh guru dan tenaga kependidikan di Kabupaten Inhu untuk bersama-sama menguatkan pendidikan dan memajukan kebudayaan sebagai upaya menuju Inhu cerdas dan Inhu lebih sejahtera. (azi)

#Pendidikan

Index

Berita Lainnya

Index